Kamis, 21 Agustus 2014

Sekilas info PHP


Untuk mengakses file PHP caranya cukup dengan mengetikkan alamat: http://localhost
Misalnya nama filenya
coba.php maka anda tinggal ketik: http://localhost/coba.php
Jika filenya ada di directory
webphp, maka ketik saja: http://localhost/webphp/coba.php
Setelah anda install, maka anda akan mendapatkan directory baru. Defaultnya di C:\AppServ
Semua file PHP harus diletakkan di directory: C:\AppServ\www semua file PHP yang ditaruh diluar directory itu tidak akan bisa dieksekusi. 
Sebenarnya, PHP tidak berbeda jauh dengan HTML karena tujuan akhirnya juga menghasilkan sebuah output berupa kode HTML.
Coba kita buat sebuah file dengan nama coba.php. Cara bikinnya mirip dengan HTML, Dan sebagaimana HTML, anda bisa mengedit filenya menggunakan notepad. Dan ingat, file php harus diletakkan di folder C:\AppServ\www
Coba kita buat kode pertama kita
  1. <?php  
  2. echo 'Saya Keren Bos !!';  
  3. ?>  
untuk menjalankan file php diatas, silahkan buka di browser kesayangan anda http://localhost/coba.php
Anda akan mendapatkan sebuah text berbunyi Saya Keren Bos !!

Perintah PHP harus diawali dengan tanda <?php dan diakhiri dengan ?>. Anda harus ingat untuk selalu membuka dan menutup kode-kode PHP anda dengan 2 tanda itu. Dan kalau lebih dari 1 baris, caranya juga sama, tempatkan saja di baris paling awal dan paling akhir.



Menggunakan PHP dan HTML
kita coba dengan sebuah contoh:
<p>Hallo, nama saya HTML</p>  
Kode diatas mudah ditebak bukan? Ya! itu adalah sebuah kode HTML yang menghasilkan tulisan Hallo, nama saya HTML. Kemudian mari kita coba tambahan kode PHP di sebelahnya:
<p>Hallo, nama saya HTML <?php echo 'dan saya adalah PHP';?></p>  
Kode diatas adalah sebuah kode PHP. Karena sudah ada tag php disana. Dan anda harus menjalankannya di server untuk melihat hasilnya. Jika anda jalankan langsung di browser dengan nama file coba.html, maka jelas akan error jadinya. Tapi jika anda jalankan di server dengan nama file coba.php, maka akan muncul tulisan:
Hallo, nama saya HTML dan saya adalah PHP
Itu adalah contoh menyisipkan kode PHP di HTML
Bisakah menyisipkan kode HTML di PHP? jelas bisa dong.
 Contohnya seperti ini:
<?php echo '<p>Hallo, nama saya <strong>HTML</strong> dan saya adalah <em>PHP</em></p>';?>  
Di  dalam keseluruhan file ada tag <?php dan ?> maka file itu harus dijalankan di server. Karena perintah PHP hanya bisa berjalan di server saja.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar